Prodi DIII Teknologi Elektromedis merupakan lembaga baru di STIKES Mandala Waluya Kendari, usianya baru 5 tahun. Tapi lembaga ini sudah mengantongi Akreditas B. Hal ini tentunya setelah dilakukan pemeriksaan melalui badan akreditasi. Ketua Program Studi Prodi D3 Teknologi Elektromedis STIKES Mandala Waluya, Ratna Umi Nurlila S.Si., M. Sc, menyatakan, bila sedikit point lagi, lembaga yang dipimpinnya mencapai nilai A. “Hal ini sangat luar biasa apalagi program studi ini satu- satu nya di Sulawesi Tengara. Ini menandakan bahwa program studi ini memiliki manajemen dan dosen yang kompeten serta berdaya saing baik di bidang pendidikan, penelitian
dan pengandian masyarakat,” paparnya.

Menurutnya, pengelola dan dosen berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan kualitas proses pembelajaran sehinga diharapkan memiliki output yang di harapkan. Tidak main- main dalam upaya memperoleh predikat akreditasi B yang di sandangnya saat ini, fasilitas pendidikan yang sangat memadai didukung dosen yang berlatar pendidikan dari ITB, UGM, UNHAS, UNISULA, Poltekes jakarta 2 dan Poltekkes Surabaya. Mereka sangat berkompeten dan berkualitas serta sepak terjang dosen yang berinovatif mampu mengantarkan program studi ini memiliki mutu akreditasi yang luar biasa.

Meskipun baru meluluskan mahasiswanya namun perolehan kelulusan Ujian kompetensi mencapai 84 %, alhasil lulusan justru di jemput oleh peluang kerja yang begitu banyak dan luas. Hinga saat ini alumni terserap di dunia kerja nyaris mendekati 100 persen. Mereka tersebar di wilayah Sulawesi, bahkan sampai di ibukota jakarta. “Hal ini juga yang menjadi point penting dalam penilaian akreditasi,” tutur Ratna yang saat ini tahap penyelesaian disertasi program doktor di salah satu perguruan tinggi di dalam negri.

Keterbatasan perguruan tinggi yang memiliki program studi sejenis dengan teknologi elektromedis di Indonesia, maka untuk meningkatkan jejaring Program studi tidak hanya menjalin mitra baik di tingkat lokal dan nasional bahkan menjalin mitra di tingkat internasional seperti Malaysia, Thailand dan Korea. Bahkan dalam beberapa kesempatan dosen dan mahasiswa telah meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional seperti lomba karya inovatif mahasiswa pada pekan elektromedik Indonesia, sebagai presenter pada konferensi internasional di malaysia dan masih banyak lagi karya inovatif yang di hasilkan.

Dengan perolehan akreditasi B membuktikan bahwa program studi ini memiliki eksistensi dan memiliki daya saing yang sangat tinggi, disamping mutu pendidikan dalam menciptakan lulusan maupun daya saing sumberdaya manusia yaitu dosen dan tenaga laboratorium, apalagi program studi ini adalah advokasi yang menitik beratkan pada lab skill program studi ini bukan hanya melahirkan lulusan yang kompeten di bidang maintenance peralatan kesehatan sebagai kompetensi utama, namun juga mendidik lulusan mampu melakukan perancangan peralatan kesehatan yang dapat di kembangkan sebagai wirausaha, luar biasa keren.

Komitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan akan di lakukan untuk terus meningkatkan akreditasi A dan capaian lulusan kompetensi mencapai 100 %, mengingat banyak fasilitas kesehatan baik di Sultra, Indonesia timur dan nasional yang membutuhkan tenaga ini dalam melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sehingga institusi STIKES Mandala Waluya kendari bersama Yayasan Mandala Waluya Kendari, akan terus mendidik dan melahirkan tenaga elektromedis yang kompeten, kreatif dan inovatif untuk menjawab kebutuhan dan tantangan masa depan. “Saat ini telah di buka pendaftaran bagi putra putri terbaik bangsa untuk di didik menjadi tenaga yang handal, pendaftaran melalui situs : https://pmb.stikes-mw.com atau datang langsung di kampus Stikes Mandala Waluya Kendari, Jl A.H Nasution. Anduonohu Kendari, Sulawesi Tengara,” pungkasnya.

Leave a Reply