Dalam menjalankan Tridarma perguruan tinggi, program studi Teknologi Elektro MEdis STIKES Mandala Waluya Kendari, Selain Meningkatkan Mutu dan kualitas pendidikan juga melaksanakan penelitian serta pengabdian masyarakat. kali ini pengabdian masyarakat dilakukan di puskesmas Abeli. kegiatan yang dilakukan yakni pemeliharaan peralatan kesehatan pada Dental unit pada poli gigi. Peralatan EKG dan Nebulizer pada ruang IGD.

 

Menurut Ketua program studi D3 teknologi Elektro medis mandala waluya kendari, Ratna Umi Nurlila, S.Si., M.Sc, momen ini merupakan implementasi IPTEK. Dimana pengabdian ini jugamelibatkan mahasiswa tingkat akhir, “Alhamdulilah kegiatan ini disambut dengan antusias serta diberikan apresiasi oleh pihak puskesmas abeli, melihat begitu pentingnya dan sangat bermanfaatnya kegiatan ini. Pemeliharaan Peralatan kesehatan yang dilakukan yakni Dental unit pada poli gigi, pemeriksaan peralatan EKG dan Nebulizer pada ruang IGD, Terangnya.

 

Focus kegiatan pada cara pemeliharaan alat tersebut agar layak pakai, tidak menimbulkan hambatan dan kendala pada saat dipakai serta perbaikan pada kerusakan ringan pada alat tersebut, “jelas wanita yang tengah menyelesaikan Program S3 ini. sebagai peserta pelatihan dengan metode demonstrasi langsung pada pemeliharaan peralatan adalah tenaga kesehatan yang bertanggung jawab terhadap penggunaan alat tersebut, agar alat terpelihara dan layak dipakai”. pemeliharaan peralatan kesehatan adalah media yang berhubungan dengan diagnosa dan pengobatan penyakit pada pasien” paparnya.

kegiatan pemelharaan peralatan kesehatan yang dilaksanakan di puskesmas abeliĀ  merupakan satu implementasi dari kompetensi yang harus di kuasai oleh lulusan mahasisawa teknologi elektro meisa Stikes Mandala Waluya KEndari.

Leave a Reply